Berapa sih uang bulanan yang harus dikeluarkan untuk dapat hidup di jakarta - Kawula Muda | Inspirasi, Cinta dan Gejolak Kawula Muda

Kawula Muda | Inspirasi, Cinta dan Gejolak Kawula Muda: Berapa sih uang bulanan yang harus dikeluarkan untuk dapat hidup di jakarta

Berapa sih uang bulanan yang harus dikeluarkan untuk dapat hidup di jakarta

www.bintang.com
Bundaran HI - via ww.bintang.com
Hi.. guys, banyak yang mengira-ngira bahwa hidup di kota besar serperti jakarta itu mahal, khususnya untuk anak rantau. Ahh yang bener, masa sih mahal? Okay, coba kita hitung menurut hematnya penulis ya, ingat menurut pendapat penulis lho ya.


1. Transport

‌Transport merupakan modal awal jika ingin merantau di kota besar. Seperti Jakarta jika masih mengandalkan transportasi umum, penulis berpendapat bahwa sangat belum memenuhi kriteria dari sisi kenyamanan dan kecepetan. Jika pun nyaman, kecepatan moda transporrasi umum masih belum dapat di prediksi, karena harus bergelut dengan kemacetan ibu kota. Oleh karena itu perlu adanya yang namanya motor, kamu bisa melakukan paket sepeda motor dari kampung halaman, biaya sekitar 300-500 ribu tergantung dari asal kota kalian. Untuk bensin, dianggarkan 30 ribu, sehingga sebulan hanya membutuhkan Rp. 120.000,00 untuk transportasi..

2. Perlengkapan Harian

Perlengkapan harian disini di artikan sebagai alat mandi dan kebersihan tubuh. Anggaran Rp. 200.000,- sangat lebih dari cukup untuk ukuran cowok guna membeli perlengkapan alat kebersihan tubuh. Sedangkan untuk seorang cewek dapat sekitar 300-350 ribu, semua disesuaikan menurut kebutuhan. Bahkan mungkin ada yg cukup 100-150 ribu saja.

3. Makanan

Point nomor 3 ini menurut penulis adalah point paling krusial. Jika kalian ingin irit se irit-iritnya, maka boleh di hitungkan seperti ini :

a. Beras 10 liter x 10.000

Rp 100.000,- di masak sendiri ya, jangan minta tolong orang lain, minimal beli magic com lah.

b. Lauk

beli di warteg atau warung nasi jawa yang tersebar sudah tak terhitung banyaknya. Beli 3 macam lauk yang awet sampai sore. Ingat lauknya saja @5.000 rupiah, sehingga sehari cukup keluar uang Rp. 15.000 x 30 hari = Rp 450.000,- hanya untuk lauk saja.


Artikel terkait : Perjuang PJKA

4. Kost / kontrakan

Mau kost atau kontrak rumah bebas, rumah petak pastinya, jangan rumah full karena pasti mahal. Menurut hasil pengamatan penulis harga kost yang dapat dikategorikan nyaman itu sekitar 750rb - 1 juta. Dibawah harga itu juga ada tapi menurut penulis biasanya letaknya lebih jauh dari tempat kerja dan biasanya agak kotor atau sempit. Sehingga diambil biaya minimalnya saja Rp 750.000,-.

Okaylah kalau begitu, saatnya dihitung guys : 120.00 + 200.000 + 100.000 + 450.000 + 750.000 = Rp 1.620.000,-. inget guys, ini cuma hal dasar saja, biaya terduga masih banyak lagi sepenuhnya adalah hak kalian generasi 21 keatas. UMR kota jakarta yang sekitar Rp. 3.400.000,- (cmiiw). Sehingga kalian masih dapat menghemat separuh lebih dari total pendapatan jika sesuai dengan UMR. Seharusnya jika jenjang pendidikan S1 harusnya masih bisa mendapati gaji diatas UMR jakarta. 

Terkadang teman lah yang membuat hidup di jakarta terlihat mahal, hangout ama temen, makan ama temen, nonton ama temen, oleh karena itu kalian harus pintar-pintar memilih teman juga, jangan biarkaan kalian terjerumus dalam hidup glamor di kota besar seperti jakarta, ingat orang tua kalian juga harus merasakan kesukseskan kalian. Tetap semangat dalam menjalani kehidupan yang semakin keras, jangan lupa rajin beribadah dan berdoa.


Salam
Powered by Blogger.