Beberapa hal yang melekat pad diri mahasiswa Teknik Informatika - Kawula Muda | Inspirasi, Cinta dan Gejolak Kawula Muda

Kawula Muda | Inspirasi, Cinta dan Gejolak Kawula Muda: Beberapa hal yang melekat pad diri mahasiswa Teknik Informatika

Beberapa hal yang melekat pad diri mahasiswa Teknik Informatika

www.preuniversity.orgHal yang sangat melekat pada mahasiswa Teknik Informatika adalah komputer dan programmer. Pernah suatu kali saya bekerja di sebuah lab komputer sebagai lab admin, kuliah dengan kerja sambilan di lab. Beberapa hal yang dapat saya bagikan khususnya bagi teman-teman yang ingin ambil study di bidang IT.


1. Teknik Informatika bukan hanya tentang photo editing dan video editing.

Persepsi yang sempat salah saya pahami bahwa belajar tentang Teknik Informatika itu akan diajari cara untuk mengedit sebuah gambar. Kalian akan di jejali bahasa-bahasa mesin dan bahasa pemrograman. Logika normal dan melebihi normal yang sangat dibutuhkan. Belajar membuat segitiga dengan lambang bintang dan dapat di tambilkan di layar monitor sudah menjadi kebanggaan yang sangat besar, walaupun terlihat sepele.


2. Dituntut berpikir out of the box

Mahasiswa Teknik Informatika saya rasa bukan seperti mahasiswa biasa yang segala jawabanya ada paka buku yg dipelajari. Lebih dari semua itu, dibutuhkan style gaya merangkai coding dan dituntut untuk berimpovisasi. Suatu program dapat buat dengan berbagai cara dan berbagai jalan. Tergantung kreatifitas programmer tersebut. Gaya coding simple dan efisien membuat program tersebut lebih ringan dan cepat saat digunakan.

3. Begadang itu wajib.

Disela-sela kuliah yang penuh teori, di imbangi dengan praktikum. Bagi mahasiswa Teknik Informatika baru yang belum mengenal coding di jaman SMA biasanya agak kesulitan dengan penyesuaian logika bahasa pemrograman. Banyak dari mereka begadang hanya untuk menyelesaikan tugas praktikum karena hal yang sering ditemui adalah error, error dan error.


4. Program error itu wajib.

Kenapa error itu wajib, karena error akan membentuk sebuah style coding seorang programmer. Dengan menjumpai error, maka seorang programer akan lebih hati-hati dalam menyisipkan code demi code didalam program. Selain itu error juga digunakan untuk membandingkan jalan mana yang harus ditempuh dalam membuat suatu program.

5. Ilmu Teknik Informatika tidak akan pernah ada habisnya.

Jangan ambil jurusan IT jika kalian berpendapat bahwa ilmu yang diajarkan hanya itu-itu saja. Jangkauan ilmu Teknologi Informasi sangan luas dan proses belajarnya adalah sepanjang kalian masih bekerja di bidang Teknologi Informasi

6. Learning by doing.

Sesuatu hal yang dikerjakan merupakan proses belajar. Beberapa orang expertise di bidang Teknologi Informasi mengaku mereka lebih sering belajar dari hal yang mereka kerjakan. Mereka memperkaya pengetahuan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dari pekerjaan yang mereka lakukan. Dont stop to trying.

7. IT tak melulu tentang coding.

Banyak yang beranggapan bahwa mahasiswa yang mengambil jurusan IT di cap sebagai programmer. Secara struktur coding mereka memang paham, tapi pilhan menjadi programmer ada system/network engineer itu bebas. Tergantung dari passion mahasiswanya. 

Ilmu IT itu bersifat pasti, hampir mirip matematika tetapi lebih flexible. Jangan pernah malas belajar, hingga kalian sampai pada usia tertentu dan masih bekerja pada bidang IT berarti kalian akan terus menjumpai hal yang dinamakan belajar. Jangan patah semangat!
Powered by Blogger.