Pikir-pikir dahulu sebelum mempunyai kartu kredit - Kawula Muda | Inspirasi, Cinta dan Gejolak Kawula Muda

Kawula Muda | Inspirasi, Cinta dan Gejolak Kawula Muda: Pikir-pikir dahulu sebelum mempunyai kartu kredit

Pikir-pikir dahulu sebelum mempunyai kartu kredit



money.cnn.com
Hari gini gak punya kartu kredit atau credit card sepertinya ga keren ya? Banyak orsng berlomba-lomba apply kartu kredit dengan alasan mempermudah transaksi. Memang Sih Kartu kredit atau credit card, menawarkan segala kemudahan untuk membelanjakan kebutuhan kita. Kemudahan dalam melakukan pembelian, pembayaran serta melakukan pembayaran yang bersifat online. Tapi apakah sepenuhnya dengan menggunakan kartu kredit hidup anda akan dimudahkan? Berikut adalah point-point penting yang wajib di ketahui sebelum menggunakan. Kartu kredit.

1. Biaya Tahunan.

Biaya tahunan dari kartu kredit sangat bermacam-macam, tergantung dengan bank yang mengeluarkan kartu kredit. Maka perlu diperhatikan untuk yang masih newbie, mohon di perhatikan biaya tahunan dari kartu kredit yang digunakan. Terlepas itu iuran tahunan antar kartu kredit biasanya berbeda-beda tergantung jenis kartu yang digunakan yaitu visa atau master card

2. Biaya Materai.

Biaya materai selalu di sematkan dalam transaksi dengan menggunakan kartu kredit. Sehingga perlu di perhatikan, walaupun nilainya kecil tetapi tetap saja menambah biaya pengeluaran bulanan bagi si pemegang kartu kredit. Umunya biaya materai ini 3000 - 6000 rupiah, tergantung bank yang menyediakan layanan kartu kredit.

3. Kartu Tambahan.

Biasanya setelah menerika kartu utama, pihak bank akan menawarkan kartu tambahan. Secara limit dan tagihan akan dijadikan satu. Namun untuk iuran tahunan akan dikenakan biaya per-kartu. Sehingga apabila anda memiliki 4 kartu tambahan dan tiap kartu tambahan dikenakan biaya 150.000 ribu, maka anda harus mengeluarkan gocek pertahun hingga lebih dari Rp. 600.000,-

4. Data Pribadi akan Tersebar.

Dengan anda melalukan apply terhadap kartu kredit, maka anda akan mengikuti proses dimana nomor handphone, nomor ktp, alamat rumah dan slip gaji akan diketahui oleh pihak bank. Jika bank atau agen pembuat kartu kredit tersebut menjual data pribadi anda, maka jangan kaget jika anda sering dihubungi oleh orang lain yang menawarkan kartu kredit lain ataupun menawarkan jasa asuransi kesehatan.

5. Bunga Terlalu Tinggi.

Bunga yang dihasilkan oleh kartu kredit dapat di kategorikan bunga yang tinggi. Tiap bank memiliki kebijakan bunga yang berbeda-beda, biasanya 2 % - 3,5 %. Oleh karena itu sebisa mungkin tagihan bulanan anda jangan sampai telat ataupun kurang dalam melakukan pembayar. Jika anda gemar belanja secara online, pastikan cicilan dapat dipecah menjadi 0% dan merchant tersebut memiliki kerja sama dengan bank yang mengeluarkan kartu kredit anda.

Demikian beberapa pengalaman yang dapat dibagian. Semoga lebih dapat memberikan gambaran sebelum kita menggunakan kartu kredit. Tetaplah waspada dalam menggunakan kartu kredit di kehidupan anda, jangan sampai pribahasa "lebih besar pasak daripada tiang" melingkupi kehidupan anda secara finansial.
Powered by Blogger.