Ketika Kamu Harus Merantau - Kawula Muda | Inspirasi, Cinta dan Gejolak Kawula Muda

Kawula Muda | Inspirasi, Cinta dan Gejolak Kawula Muda: Ketika Kamu Harus Merantau

Ketika Kamu Harus Merantau

Ilustrasi Kota Besar

Merantau bukanlah kata yang sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga kita. Berbagai macam alasan orang ingin pergi merantau, entah di di dalam negri dalam berbeda provinsi atau pergi merantau ke negara tetangga. 

Alih-alih mengubah hidup untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, para perantau pasti memiliki kesulitan tersendiri. Beberapa kesulitan dalam merantau ada pada poin-poin dibawah ini.

1. Gaya Bahasa

Orang yang pergi merantau pasti akan terlihat berbeda dari sisi gaya bahasa yang digunakan. Semakin lama orang tersebut tinggal di daerah asalnya, maka logat bahasa semakin melekat di dalam dirinya.

2. Buta Arah dan Jalan

Seorang perantau asal daerah yang pergi ke kota besar seperti kota jakarta, pasti akan merasa kebingungan dengan arah jalan yang ada di kota jakarta. Banyaknya Jalan satu arah dan beberapa jalan yang tidak boleh dinlewati oleh motor maupun mobil pada jam-jam tertentu. 

3. Beradaptasi dengan lingkungan

Lingkungan baru, tempat tinggal baru merupakan hal yang paling tidak enak dirasakan oleh seorang perantau pemula, kebiasaan tiap hari akan berubah derastis ketika hijrah dari daerah asalnya. Diperlukan berminggu-minggu untuk dapat merasa "krasan" di perantauan.

4. Selera Makanan

Soal masalah selera makanan, terutama soal lidah. Hal tentang makanan pun akan menjadi penghambat tersendiri. Contoh sederhana tentang masakan nasi goreng grobak di kampung dengan di kota besar seperti jakarta pasti berbeda. Rasanya pasti beda sangat jauh, kebanyakan perantau membanding-bandingkan soal rasa masakan di kota dan di kampung halaman.

5. Tempat Tinggal

Dalam hal memilih tempat tinggal atau setidaknya nge-kost, menjadi kesulitan tersendiri ketika di daerah terbiasa depan rumah itu sudah jalan, namun ketika di kota seperti jakarta, untuk mencapai jalan depan saja terkadang mereka harus menyusuri gang kecil untuk mencapai jalan. 

6. Mengenal Teman Baru

Mempunyai teman baru atau mencari teman dari kampung yang sudah merantau lebih dahulu merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh seorang pemula. Di kota mereka sadar tidak memiliki sodar dekat, oleh karena itu mencari teman baru itunsangat diperlukan.

Demikian beberapa kesulitan awal jika kalian ingin merantau di kota besar, semoga dapat membantu teman-teman yang ingin pergi merantau. 


Salam Sukses
Powered by Blogger.